Senandung CintaMu dan RosulMu

Mengingat Allah lewat lagu Religi


        Kita semua tahu bahwa disetiap penjuru dunia, di kota maupun di pelosok desa. Di kantor, sekolah, pasar  dan dimanapun tempat  kita pasti jumpai musik. Musik terdengar disetiap sudut wilayah itulah tanda bahwa musik telah masuk kedalam sanubari manusia, sehingga manusia tidak akan hidup sempurna tanpa adanya musik. Menurut badan penelitian, musik dapat memecahkan dan melepaskan ikatan otot - otot yang tegang akibat terlalu dipacu dalam bekerja, belajar ,maupun menyelesaikan masalah yang begitu rumit yang dapat menyebabkan stress. Inilah salah satu manfaat musik bagi kehidupan manusia. Musik juga dapat menenangkan hati yang sedang gundah gulana, musik dapat menghasilkan inspirasi bagi para pendengarnya. Dalam melakukan aktifitas sehari - hari akan lebih semangat jika diiringi oleh musik. Ada sebagian orang yang tidak dapat tidur sebelum mendengarkan musik bahkan bangun tidurpun sebagian orang langsung menyalakan musik. Begitu besar pengaruh musik bagi kehidupan manusia.
        Dalam perkembangannya musik tidak lagi sesuai pada apa yang diharapkan, musik telah tercampuri oleh berbagai macam budaya setiap daerah. Salah satunya adalah musik dangdut yaitu musik khas orang Indonesia. Dulu musik dangdut begitu memikat hati karena lantunannya membuat suasana lebih fress bahkan musik dangdut dijadikan ajang dakwah oleh Bang Haji Roma Irama. Namun sekarang kita dapat melihat sebagian besar penyanyi dangdut saat menyanyi menggunakan pakaian yang ketat, transparan dan mempertunjukan goyangan - goyangan yang kurang sepatutnya itu dilakukan karena terkesan lebih ke tindakan porno aksi, ada goyangan maut, goyang ngebor, patah - patah dan masih banyak goyangan lainnya yang menimbulkan kontrofersi para ulama.
 Menurut pandangan dari para sufi ( ulamah islam), sebagian mengatakan bahwa mendengarkan miusik hukumnya haram, karena nabi Allah Muhammad SAW pun bukanlah seorang penyair dan tidak pernah mendengarkan musik. Kemudian dari beberapa ulama lainnya mengatakan mendengarkan musik hukumnya mubah, artinya boleh namun ada batasan - batasan pada jenis musik yang boleh didengarkan yaitu:
<![if !supportLists]>1.     <![endif]>Mengingatkan kita pada Allah SWT
       Mengingtakan kita pada Allah SWT karena dalam syair - syairnya berisi kandungan kandungan Al Quran dan Al Hadist. Serta syairnya menyampaikan ajaran ajaran agama yang bermanfaat dan berupa dakwah agama. Mengajarkan kita untuk selalu ingat kepada Allah SWT.
<![if !supportLists]>2.     <![endif]>Tidak menimbulkan maksiat
      Tidak menimbulkan maksiat disini artinya syair - syair yang  diperdengarkan tidak menjurus pada sesuatu hal yang seronok, tidak membangkitkan nafsu birahi. Tidak mempengaruhi pendengarnya untuk membanyangkan sesuatu yang haramkan bahkan sampai melakukan hal - hal yang haram.
<![if !supportLists]>3.     <![endif]>Tidak melalaikan
       Maksud dari melalaikan disini, tidak mengganggu waktu - waktu beribadah dan beraktivitas lainnya. Sebagai contoh keasyikan mendengarkan musik menjadi lupa waktunya soal, lupa mengerjakan tugas dan belajar.
<![if !supportLists]>4.     <![endif]>Membangkitkan semangat
        Musik yang boleh didengarkan adalah musik yang dapat membuat hati kita maupun diri kita kembali bersemengat dan bertambah semangat dalam menjalani hidup ini. Bukan musik yang menjadikan diri kita lemah. Mudah putus asa dan malas untuk menjalani aktifitas sehari - hari.
        Banyak sekali musik - musik ini seperti musik religi yang dilantunkan oleh penyanyi - penyanyi terkenal diantaranya Opick, Sulis, Mahrezain, Snada, Raikhan dan masih bayak lagi. Musik ini bahkan kebermanfaatan dan pengaruhnya melebihi musik - musik pada umumnya seperti musik pop dan lainnya. Musik ini lebih mendalam maknanya sehingga terasa lebih menyentuh ke hati. Tapi sayangnya masyarakat jaman sekarang kurang memahami apa sebenarnya fungsi musik itu sendiri. Untuk itu marilah kita memilih mana musik yang lebih bermanfaat dan pas untuk kita dengarkan. Selain kita mendapat ketenangan dari lantunan musik tersebut kita juga menambal ilmu dari syair - syair yang disampaikan. Wallahu A'lam Bissawab.
Yuk mari kita koleksi lagu-lagu yang manfaat untuk didengar J
Salam ukhuwah Islamiyah_Sahabat Muslim

تعليقات

المشاركات الشائعة من هذه المدونة

Cerita Islami

Cerita Islami